Ide Pencahayaan Alami untuk Menerangi Rumah Anda

Ide pencahayaan alami akan baik jika anda gunakan dalam hunian impian masa depan. Hal ini akan menghemat energi dan menggunakan cahaya yang lebih sehat untuk tubuh.

Pemanfaatan ini bisa anda terapkan dalam berbagai eksterior dan interior dalam rumah. Berbagai perkembangan desain rumah juga semakin menarik.

Jadi, tidak usah khawatir jika anda ingin mewujudkan keinginan yang satu ini. Menjadikan hunian ramah lingkungan yang hemat dan tentu saja akan terasa lebih indah.

Penerapan dalam desain sesuai konsep yang akan anda terapkan. Anda bisa menyiasatinya dengan beberapa rekomendasi di bawah ini.

Inilah Ide Pencahayaan Alami Hunian

Jika ingin mewujudkan cahaya alami, maka ada beberapa tips dan triknya. Tidak usah khawatir jika penerapannya akan sulit, karena sebenarnya cukup mudah. Nah, coba simak ulasan berikut ini.

Desain Fasad Dua Lapis

Dengan menggunakan desain rumah yang menghadap ke arah barat atau timur, anda akan langsung menyambut cahaya matahari saat terbit atau terbenam.

Saat memakai desain ini, semua interior menggunakan sifat fungsional. Baik seperti pintu, jendela, tangga, dan lainnya. Bentuk yang digunakan juga berbentuk geometri.

Penggunaan desain ini termasuk salah satu perwujudan ide pencahayaan alami. Dengan mengangkat unsur estetika, namun juga memanfaatkan semaksimal mungkin energi alam.

Maka jika anda berniat mewujudkannya, coba desain hunian seperti ini. Selain indah, juga membawa manfaat yang sangat banyak.

Menghadirkan Skylight

Jika menggunakan skylight, anda akan membantu ruangan yang cenderung sulit terkena matahari. Penggunaannya pada posisi yang berada di langit-langit tampak seperti kaca yang transparan.

Dengan memasangnya, anda akan mendapatkan ruangan yang lebih terang dan cerah. Jika anda menggunakan skylight sebagai ide pencahayaan alami, maka coba gunakan yang berbahan kerangka dan glazing.

Risiko terkena ultraviolet akan lebih kecil dan aman. Penempatannya juga bisa dalam berbagai ruangan seperti anak tangga, lorong, loteng, kamar mandi, dapur, kamar, dan lainnya.

Jika anda menggunakan skylight, otomatis ruangan akan menyerap energi cahaya dari luar. Maka penggunaan listrik akan semakin hemat.

Glass Block

Eksterior yang satu ini juga cukup populer penggunaannya. Anda bisa melihatnya dalam berbagai bangunan yang ada di sekitar anda.

Berbentuk seperti kaca berbalok-balok, kini sudah bervariasi. Dalam beberapa gambar yang indah dan warna. Tidak monoton kotak saja.

Biasanya dipasang pada dinding ruangan yang minim cahaya. Anda bisa mencobanya dalam ruangan lantai atas. Menimbulkan efek estetika dan memudahkan pencahayaan masuk.

Karena memiliki ketebalan yang baik akan memiliki ketahanan sama. Anda tidak perlu khawatir akan mudah ditembus atau pecah.

Roster

Jika glass block, berbentuk seperti kaca. Roster memiliki ide yang membuat angin bisa masuk dan menjadi ventilasi juga.

Berbentuk seperti batu bata, namun berlubang simetris. Bisa memiliki bentuk beragam yang jika disusun akan indah.

Penggunaannya banyak di ruangan-ruangan seperti masjid, pembatas ruangan, atau lainnya. Selain akan membantu menghemat energi, juga memiliki keindahan tersendiri.

Jendela Kaca pada Area Tangga

Salah satu yang bisa anda coba ketika memiliki hunian lantai dua. Anda bisa menggunakan kaca pada dinding samping tangga

Selain sebagai point of view, juga akan membantu menerangi area tangga. Membentuk kaca dengan beberapa geometri juga menjadi ide bagus.

Perwujudan ide pencahayaan alami masa kini dan ramah lingkungan. Tidak menggunakan budget banyak dan pengerjaan yang relatif mudah bahkan praktis.